Cara Belajar Efektif
– Tidak ada dua orang yang belajar
dengan cara yang sama, dan ada sedikit keraguan bahwa cara untuk satu orang
mungkin tidak efektif bagi orang lain. Namun, ada beberapa teknik umum yang
tampaknya menghasilkan hasil yang baik. Akan sangat menarik jika belajar itu
tidak di anggap bekerja tetapi kesenangan.
Beberapa siswa,
belajar dan termotivasi untuk belajar datang secara alami. Jika anda membaca
halaman ini, kemungkinan bahwa Anda bukan salah satu dari mereka, tetapi jangan
putus asa, ada harapan! Keberhasilan Anda di sekolah dan perguruan tinggi
tergantung pada kemampuan Anda untuk belajar secara efektif dan efisien. Ini
hidup Anda, waktu Anda, dan masa depan Anda. Waktu sangat berharga dan jangan
di sia-siakan.
Panduan cara belajar
efektif ini dirancang untuk membantu Anda mengembangkan
kemampuan belajar yang efektif. Mempelajari suatu bahan membutuhkan kerja!
Namun, dengan menggunakan teknik yang dijelaskan dalam panduan ini, dan dengan
menerapkan diri sendiri, Anda dapat memperoleh keunggulan yang berharga dalam
bahan pemahaman, mempersiapkan tes, dan, akhirnya, belajar. Panduan ini berisi
beberapa teknik terbaik dan paling efektif untuk siswa sukses – siswa yang
biasanya memiliki nilai tinggi di sekolah dan perguruan tinggi terlepas dari
mata kuliah yang mereka ambil. Jadi baca terus, berpikir tentang apa yang Anda
baca, dan mempersiapkan diri untuk menjadi mahasiswa yang sukses!
Mengatur Jadwal
Bahkan sebelum Anda
mulai berpikir tentang proses belajar, Anda harus mengembangkan jadwal. Jika
Anda tidak memiliki jadwal atau rencana untuk belajar, maka Anda tidak akan
memiliki cara mengalokasikan waktu berharga Anda ketika hal tak terduga muncul.
Seorang yang baik, dipikirkan dengan baik
jadwal tepat. Semua jadwal harus
dibuat dengan gagasan bahwa mereka dapat direvisi. Sebuah jadwal harus
mempertimbangkan setiap kelas, laboratorium, kuliah, acara sosial, dan
pekerjaan lain di mana Anda terlibat.
Belajar untuk program
pembacaan
Untuk kelas yang
membutuhkan bacaan, seperti bahasa asing, pastikan untuk menjadwalkan waktu
studi sebelum kelas. Gunakan waktu untuk berlatih. Kadang-kadang, praktek
dengan orang lain dapat membantu mempertajam keterampilan Anda dalam jangka
waktu belajar sebelum kelas.
Tempat Yang Tepat
Untuk belajar
Anda bisa belajar di
mana saja. Jelas, beberapa tempat lebih baik daripada yang lain adalah
Perpustakaan atau kamar pribadi yang terbaik. Yang terpenting tempat Anda
memilih untuk belajar tidak boleh mengganggu.
Keterampilan berpikir
Setiap orang memiliki
kemampuan berpikir, tetapi gunakan sedikit secara efektif. keterampilan
berpikir yang efektif tidak dapat dipelajari, tetapi harus dibangun selama
jangka waktu tertentu. pemikir Bagus melihat kemungkinan di mana orang lain
hanya melihat mati-berakhir. Jika Anda bukan seorang pemikir yang baik, mulai
sekarang dengan mengembangkan kebiasaan yang membuat Anda mengajukan pertanyaan
diri Anda baca. Bicaralah dengan siswa lain yang Anda merasa adalah pemikir
yang baik. Tanyakan kepada mereka apa yang mereka lakukan ketika mereka
berpikir kritis atau kreatif. Sering kali, Anda dapat mengambil informasi
berharga untuk membantu Anda menjadi seorang pemikir yang lebih baik.
Ajukan Pertanyaan
Mengajukan pertanyaan
untuk belajar. Hal-hal penting untuk belajar biasanya jawaban atas pertanyaan.
Pertanyaan harus mengarah pada penekanan pada apa, mengapa, bagaimana, kapan,
siapa dan di mana isi studi. Ajukan pertanyaan diri Anda membaca atau belajar.
Ketika Anda menjawab mereka, Anda akan membantu untuk memahami materi dan ingat
lebih mudah karena prosesnya akan membuat kesan pada Anda. Hal-hal yang membuat
tayangan yang lebih berarti, dan karena itu lebih mudah diingat. Jangan takut
untuk menulis pertanyaan Anda di margin buku teks, pada catatan kuliah, atau di
mana pun itu masuk akal.
Membaca
Sebuah cara utama
dengan mana Anda mendapatkan informasi adalah melalui membaca. Di perguruan
tinggi Anda diharapkan untuk membaca lebih banyak daripada di sekolah tinggi.
Jangan berasumsi hanya karena Anda telah “membaca” tugas yang adalah akhir dari
itu. Anda harus belajar untuk membaca dengan tujuan. Dalam mempelajari, Anda
dapat membaca tugas yang sama tiga atau empat kali, setiap kali dengan tujuan
yang berbeda. Anda harus tahu sebelum Anda mulai membaca apa tujuan Anda
adalah, dan membaca. Membaca TIDAK menjalankan mata Anda melalui buku
pelajaran. Ketika Anda membaca, membaca aktif. Baca untuk menjawab pertanyaan
Anda bertanya pada diri sendiri atau pertanyaan instruktur atau penulis telah
meminta. Selalu waspada untuk mencetak tebal atau dicetak miring. Para penulis
bermaksud bahwa bahan ini mendapat penekanan khusus. Juga, ketika Anda membaca,
pastikan untuk membaca semuanya, termasuk tabel, grafik dan ilustrasi. Sering
kali tabel, grafik dan ilustrasi dapat menyampaikan ide lebih kuat daripada
teks tertulis.
Ucapkan
Ketika Anda membaca,
Anda berhenti membaca secara berkala untuk mengingat apa yang Anda baca.
Cobalah untuk mengingat judul utama, ide-ide penting dari konsep yang disajikan
dalam huruf tebal atau huruf miring, dan apa grafik, diagram atau ilustrasi
menunjukkan. Cobalah untuk mengembangkan konsep keseluruhan apa yang telah Anda
baca dalam kata-kata Anda sendiri dan pikiran. Cobalah untuk terhubung hal-hal
yang baru saja Anda baca untuk hal-hal yang sudah tahu. Ketika Anda melakukan
ini secara berkala, maka kemungkinan Anda akan mengingat lebih banyak dan bisa
mengingat bahan untuk makalah, esai dan tes obyektif.
Review
review adalah survei
dari apa yang telah tertutup. Ini adalah review dari apa yang seharusnya Anda
capai, bukan apa yang akan Anda lakukan. Membaca ulang adalah bagian penting
dari proses pemeriksaan. Membaca kembali dengan gagasan bahwa Anda mengukur apa
yang telah Anda diperoleh dari proses tersebut. Selama pemeriksaan, ini saat
yang baik untuk pergi lebih dari catatan anda telah diambil untuk membantu
menjelaskan poin Anda mungkin telah terjawab atau tidak mengerti. Waktu terbaik
untuk meninjau adalah ketika Anda baru saja selesai mempelajari sesuatu. Jangan
tunggu sampai sebelum pemeriksaan untuk memulai proses pemeriksaan. Sebelum
pemeriksaan, melakukan review akhir. Jika Anda mengatur waktu Anda, review
akhir dapat dianggap sebagai “fine-tuning” pengetahuan Anda tentang bahan tersebut.
Ribuan sekolah menengah dan mahasiswa telah mengikuti langkah-langkah SQ3R
untuk mencapai nilai yang lebih tinggi dengan lebih sedikit stres
Mencatat
Seperti membaca,
mencatat adalah keterampilan yang harus dipelajari dan disempurnakan. Hampir
selalu, mencatat, atau kurangnya, adalah kekurangan konstan dalam metode studi
banyak sekolah menengah dan mahasiswa. Belajar bahan catatan baik mengambil
agak mudah, menerapkannya untuk situasi Anda sendiri tergantung pada seberapa
serius Anda menjadi seorang mahasiswa yang sukses. Anda harus belajar untuk
mencatat secara logis dan terbaca.
Garis Tulisan atau
Menandai Tulisan yang di Baca
Pertama-tama, jangan
menggarisbawahi. Gunakan stabilo. Pengalaman menunjukkan bahwa bagian-bagian
teks yang disorot lebih mudah diingat daripada bagian yang sama digarisbawahi.
Dalam menjelaskan teks, jangan hanya membaca bersama dan menyoroti apa yang
tampaknya kata-kata penting. teknik itu jarang bekerja. Tindakan menguraikan
bekerja jauh lebih baik.
Ada baiknya Anda membuat persiapan yang baik buat satu semester ke depan. Tak ubahnya para peserta diri yang dituntut mempersiapkan segala keperluan, seperti buku pelajaran, buku tulis atau baju seragam. Selain itu, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan, Pertama, tentukan target Anda di semester ini apa. Kemudian buat jadwal harian yang isinya langkah-langkah menuju target tersebut. Supaya target belajar goal-nya lebih cepat, berikut ada beberapa tips bagaimana cara belajar yang efektif, yang telah teruji oleh beberapa negera maju. Tips ini bias Anda jalankan sendiri, atau ditularkan kepada peserta didik Anda.
1. Seorang teman dari Amerika memberi saran belajar yang dia dapat dari ayahnya. Hari pertama sekolah, ulang kembali pelajaran yang telah didapat. Setelah itu baca singkat dua halaman materi berikutnya buat cari kerangkanya saja. Begitu pelajaran tersebut diterangkan guru esoknya, Anda sudah punya gambaran atau dasarnya, tinggal menambahkan saja apa yang belum Anda tahu. Jadi begitu pulang sekolah, tinggal mengulang saja untuk mencari kesimpulan atau ringkasan.
2. Usahakan selalu konsentrasi penuh waktu mendengarkan pelajaran yang disampaikan guru atau totor. Materi yang Anda dengar bakal mudah dipanggil lagi begitu Anda menghapal ulang pelajaran tersebut.
3. Beberapa teman juga merekomendasikan untuk mengetik ulang catatan pelajaran ke dalam komputer. Logikanya, dengan mengetik ulang catatan berarti sama saja dengan membaca ulang pelajaran yang baru saja didapat dari sekolah. Materi yang diulang tadi bisa tersimpan di memori otak buat jangka waktu yang lama. Lebih bagus lagi kalo membacanya kembali atau mempelajari catatan tersebut setelah diketik.
4. Cara lain adalah dengan membaca ulang catatan pelajaran kemudian buat kesimpulan dengan kalimat sendiri. Supaya dapat terpatri lama di memori, tulis kesimpulan tadi di secarik kertas kecil seukuran kartu nama. Kartu-kartu tersebut efektif untuk mengulang dan membaca singkat kala senggang.
5. Teman lainnya menyarankan untuk selalu menggunakan buku catatan yang berbeda pada setiap mata pelajaran. Cara ini dinilai lebih teratur sehingga pada waktu ingin mengulang suatu pelajaran kita tidak perlu lagi harus membuka semua buku.
6. Mengulang pelajaran tidak selamanya harus dengan membaca atau menulis. Mengajari teman lain tentang materi yang baru diulang bisa membuatmu selalu ingat akan materi tersebut. Bagusnya lagi, Anda menjadi lebih paham akan materi tersebut.
7. Belajar mendadak menjelang tes memang tidak efektif. Paling tidak sebulan sebelum ulangan adalah masa ideal buat mengulang pelajaran. Materi yang banyak bukan masalah. Caranya: selalu buat ringkasan atau kesimpulan pada setiap pelajaran, kalau perlu pakai tabel atau gambar ilustrasi supaya mudah diingat.
8. Ada beberapa teman di Australia yang menyukai waktu belajar pada siang hari. Maklum, badan masih segar setelah tidur cukup di malam hari, jadi semangat masih tinggi. Kondisi yang bagus tersebut tidak mereka sia-siakan begitu saja. Pagi mereka konsentrasi penuh pada pelajaran di kelas dan siangnya konsentrasi untuk mengulang kembali. Malam hari hanya mereka gunakan untuk mengerjakan aktivitas ringan atau pekerjaan rumah. Jadi tidak pernah ada kata begadang.
9. Kalau badan capek, bakal susah buat konsentrasinya. Beberapa teman menyarankan untuk libur dulu dari acara olah raga atau kegiatan fisik lainnya sehari menjelang ulangan umum.
10. Belajar sambil mendengarkan musik memang asyik. Pilih music yang tenang tapi menggugah. Musik klasik macam Beethoven ato Mozart bisa dicoba. Musik tipe ini cocok banget buat menemani kamu selama mengerjakan tugas yang jawabannya sudah pasti, seperti matematika, ilmu alam atau bahasa asing. Dijamin stamina belajar Anda akan selalu berisi dan penuh semangat.
Memang bingung ya kalau semua orang saling memberi tahu apa yang harus dikerjakan. Paling penting adalah utamakan prioritas Anda. Karena biasanya kita menilai diri sendiri dari apa yang dirasakan, sedang orang lain hanya melihat dari apa yang telah kita hasilkan. Sementara apa yang bisa kita hasilkan hanya kita sendiri yang tahu. Jadi, buat target yang kamu percaya mampu meraihnya bukan apa yang dipikirkan orang lain. Begitu juga dengan cara belajar efektif, pilih cara baik mana yang paling pas dengan kondisi Anda. Selamat mencoba!
No comments:
Post a Comment