Tuesday, 19 March 2013

Merajut Kebersamaan Dalam Sebuah Perbedaan


Merajut Kebersamaan Dalam Sebuah Perbedaan







Kebersamaan memang indah. Banyak persoalan yang akan lebih mudah di selesaikan. Sebaliknya bila kebersamaan terkoyak akan pahit rasanya dan akan banyak pengorbanan yang dibutuhkan untuk merajutnya kembali.


Merajut dalam bahasa melayu mengandung pengertian menyatukan perca dengan cara menjahitnya hingga menjadi satu kesatuan yang utuh. Pengertiannya yang lebih luas adalah menyatukan berbagai unsur atau pendapat dalam satu bentuk yang sekata.


Manusia memang tercipta dengan membawa karakter dan sifat masing-masing individunya yang tentu saja berbeda satu sama lain. Tetapi hendaknya perbedaan yang ada jangan dijadikan sebagai sesuatu yang dapat mengkandasnya sebuah hubungan.


Cobalah untuk melihat sebuah perbedaan dari sudut pandang lain yang mana dengan adanya perbedaan sepasang manusia bisa saling mendukung dan saling melengkapi kekurangan dengan kelebihan pasangannya.


Mempersatukan perbedaan dalam sebuah kebersamaan tidaklah mudah semudah membalik telapak tangan. Namun ketika ada niat dan ditindaklanjuti melalui perbuatan , maka tidak ada sulit terlebih ketika masing-masing menyadari bahwa kita ada karna sama-sama diciptakan oleh ALLAH SWT.


Adanya kebersamaan di tengah banyaknya perbedaan merupakan hal yang indah dan sulit terjadi, inilah yang terjadi di Indonesia saat ini walaupun banyak perbedaan di antara masyarakat yang ada dan walaupun juga sulit tetapi rakyat Indonesia dapat menumbuhkan kebersamaan di antara mereka.


Perbedaan-perbedaan yang ada itu dapat berupa perbedaan suku, agama, maupun perbedaan budaya. Kesulitan-kesulitan dalam menciptakan kebersamaan itu bisa saja karena masalah ketidakcocokkan, misalnya antara orang yang berbeda suku maka kepentingannya serta kebudayaannya pun berbeda sehinggga sulit untuk berkumpul bersama dan menciptakan kebersamaan karena perbedaan itu.


ALLAH SWT menciptakan negeri kita tercinta ini memang terdiri dari orang-orang yang berbeda dan dengan latar belakang yang berbeda pula. Masyarakat Indonesia bisa disebut masyarakat plural artinya masyarakat yang terdiri dari bermacam-macam orang yang memiliki latar belakang yang bermacam-macam pula.


Kebersamaan di dalam masyarakat yang memiliki latar belakang yang bermacam-macam akan sulit dicapai, hal ini dapat terjadi karena perbedaan yang ada menjadi suatu penghalang dalam mencapai kebersamaan. Maka oleh sebab itu cara yang tepat untuk menciptakan kebersamaan adalah dengan menghilangkan perbedaan yang ada dengan cara bersikap saling menghargai dan saling menghormati perbedaan yang ada.


Indonesia juga memiliki semboyan yang menyatukan rakyat Indonesia Yaitu Bhineka Tungga Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua, artinya walaupun masyarakat Indonesia berbeda-beda tetapi harus bisa menjadi satu kesatuan yang utuh serta bis tercipta kebersamaan. Bila hal itu dapat tercipta bukan tidak mungkin Indonesia bisa menjadi negara yang kokoh serta menjadi negara yang maju.


Kita ilustrasikan saja Indonesia sebagai seikat bunga yang didalamnya ada berbagai macam jenis bunga, berbagai macam jenis bunga itu adalah rakyat Indonesia yang memiliki berbagai macam latar belakang.


Kita lihat saja bila jenis-jenis bunga itu tidak disatukan menjadi satu kesatuan maka akan terlihat biasa-biasa saja tetapi jika berbagai macam jenis bunga itu kita jadikan satu ikat maka bunga-bunga itu akan tampak lebih indah. Sekarang tinggal usaha kita bagaimana untuk menyatukan dan menciptkan kebersamaan di antara rakyat Indonesia dan bila itu sudah tercipta Indonesia akan menjadi negara yang lebih baik.












Kebersamaan yang tercipta di antara perbedaan bisa kita ciptakan dengan sikap saling menghargai perbedaan yang ada, maksudnya kita jangan menganggap perbedaan yang ada itu sebagai sesuatu yang buruk bagi kita dan juga menganggap bahwa perbedaan itu hanya menghalang-halangi untuk menciptakan kebersamaan. Kita harus menganggap bahwa semua rakyat Indonesia adalah sama.






Masalah-masalah yang banyak timbul di Indonesia sekarang ini justru semakin menumbuhkan kebersamaan kita dan hal itu harus disadari oleh semua rakyat Indonesia. Kita akan selalu bersama-sama menghadapi masalah yang ada tanpa peduli bahwa kita memiliki perbedaan.






Jadi kita harus bisa menciptakan kebersamaan di tengah perbedaan yang ada agar negara kita tercinta ini menjadi negara yang maju serta aman, nyaman, dan sejahtera.


Kita mencoba merajut kebersamaan dalam suatu perbedaan melalui suatu rumus sederhana, yakni rumus 5M :






M yang pertama adalah menyadari. Kita harus mulai melihat perbedaan ini dengan menyadari bahwa perbedaan itu pasti ada, dan bahkan harus ada.






M yang kedua adalah memahami. Artinya, kita harus senantiasa mencoba memahami setiap perbedaan yang ada.






M yang ketiga adalah memaklumi. Sejak saat ini, kita harus belajar untuk memaklumi setiap perbedaan yang ada di antara kita.






M yang keempat adalah memaafkan. Tidak jarang, perbedaan membuat adanya ketersinggungan-ketersinggungan. Oleh karena itulah kita harus mampu memberi keluasan maaf.






M yang kelima adalah memperbaiki. Terkadang perbedaan memang tidak selalu baik. Di sinilah perlu kemauan keras dari kita untuk memperbaiki, bukan menyalahkan.


**










SEBAGAIMANA sabda Rasulullah saw., "... Perbedaan merupakan sebuah rahmat."


Di sinilah, kita --umat Islam-- harus mulai memikirkan jalinan ukhuwah Islamiyah daripada memperbesar jurang perbedaan.






Jadi, Mari Kita Bangun Kebersamaan Diantara Perbedaan, Sebab Begitu Indahnya Kebersamaan Dalam Perbedaan. Untuk kebersamaan selama ini. Tetap semangat! dan raihlah kesatuan.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment