Sunday, 8 September 2013

Mencoba Galaxy Gear, Jam Pintar ala Samsung


Rumor bahwa Samsung akan meluncurkan sebuah jam tangan pintar sudah terjawab. Dalam perhelatan Unpacked 2013 yang baru saja berlangsung di kota Berlin, Jerman, Samsung memperkenalkan Galaxy Gear.

Galaxy Gear tidak bisa berfungsi maksimal jika digunakan secara mandiri atau berdiri sendiri. Ia memang didesain Samsung menjadi pasangan gadget tertentu, yakni Galaxy Note III, tablet Galaxy Note 10.1 2014 Edition, dan menyusul kemudian Galaxy S4, S III serta Note II.

Samsung menjanjikan ada 70 aplikasi khusus yang didesain untuk Galaxy Gear saat peluncurannya, dan nantinya terus bertambah.

Jadi, seperti apa kebolehan Galaxy Gear? Berikut uji coba singkat pada jam tangan pintar tersebut.


1. Desain

Desain bodi Galaxy Gear tidak melenceng jauh dari wujud umumnya sebuah jam tangan. Gadget ini cukup keren juga kala dikenakan.

Bagian tali pengikatnya kemungkinan terbuat dari karet. Sedangkan layar Galaxy Gear yang seluas 1,63 inch dikelilingi oleh bezel dari metal, yang sedikit banyak memperlihatkan kesan premium.

Kamera berkekuatan 1,9 megapixel terletak di salah satu sisi tali pengikatnya. Memang sengaja diletakkan di lokasi tersebut untuk lebih memudahkan pengambilan foto dan video.

Saat dipakai di pergelangan tangan, Galaxy Gear tidak terlampau berat atau kebesaran. Mengenakannya pun mudah dan ukurannya bisa disesuaikan dengan diameter pergelangan pengguna.

Untuk memenuhi selera beragam karakter penggunanya, Galaxy Gear ini tersedia dalam enam warna sekaligus saat pemasarannya nanti.


2. Layar & Kemampuan Software

Layar sentuh Super Amoled seluas 1,63 inch menjadi media bagi user untuk mengakses berbagai fungsi di Galaxy Gear. Resolusinya sebesar 320 x 320 pixel.

Tampilannya lumayan jernih. Di sisi software, Galaxy Gear menjalankan sistem operasi Android, namun sudah mengalami sangat banyak modifikasi.

Tidak ditemukan widget, homescreen hanya satu saja, dan tidak ada toolbar multitasking. Hanya tampilan yang lumayan sederhana untuk mengakses berbagai menunya.

Menu yang disediakan termasuk fungsi dasar seperti notifikasi, stopwatch, dan calendar. Ada juga fungsi yang lebih serius, misalnya kemampuan menerjemahkan rekaman suara menjadi teks tertulis.

Kemudian dibenamkan fitur perintah suara S Voice untuk melakukan beberapa fungsi seperti melakukan panggilan dan melihat cuaca.

Berbagai fitur Galaxy Gear dikendalikan dengan handset Galaxy Note 3 melalui koneksi bluetooth. Keduanya bisa sharing panggilan suara, pesan teks, foto sampai video.

Galaxy Gear punya mikrophone di bawah tali pengikat, yang dapat digunakan untuk menerima panggilan tanpa harus mengeluarkan handset dari kantong.

Terdapat 70 pilihan aplikasi yang bisa diinstal ke Galaxy Gear melalui Galaxy Note 3. Di antaranya aplikasi populer seperti Path dan Evernote.


3. Spesifikasi

Galaxy Gear punya prosesor dan berbagai hardware lain layaknya smartphone. Ia mengandalkan prosesor 800 MHz Exynos buatan Samsung serta RAM 512 MB.

Dapur pacu tersebut sudah cukup untuk membuat performanya lumayan lancar, misalnya layar sentuhnya responsif.

Spesifikasi lain meliputi kamera 1,9 megapixel dengan sensor BSI, Bluetooth 4.0, dan memori internal sebesar 4GB.

Adapun baterainya berkekuatan 315 mAh. Karena konsumsi dayanya lumayan kecil dibandingkan smartphone, Galaxy Gear dijanjikan dapat bertahan hidup sampai sekitar 25 jam dalam sekali isi ulang.

4. Kesimpulan Awal

Galaxy Gear rencananya akan dipasarkan di sekitar 140 negara mulai 25 September. Apakah gadget kategori baru ini nantinya akan menarik pembeli?

Untuk bergaya, jam ini desainnya lumayan keren. Terlebih fungsionalitasnya lumayan banyak meski ternyata tidak bisa bekerja maksimal tanpa berpasangan dengan smartphone tertentu.

Memang mungkin ada kekecewaan bahwa Galaxy Gear tidak bisa berfungsi penuh secara mandiri. Namun toh, ia bermanfaat sebagai sebuah perangkat pendukung smartphone Samsung.

Perangkat ini rencananya dilepas di pasaran dalam kisaran harga Rp 3 jutaan. Anda berminat?



Reactions:

0 comments:

Post a Comment