Thursday 19 July 2012

Cara Mempercepat Kinerja Komputer Yang Lambat

Cara Mempercepat Kinerja Komputer yang Lambat 

Banyak hal yang bisa dilakukan supaya komputer anda berjalan lebih cepat dari biasanya, penulis mencoba untuk memberikan beberapa tips yang mudah anda lakukan pada komputer PC atau Laptop anda. Namun sebelum tips-tips ini anda lakukan ada baiknya anda mengetahui beberapa hal mendasar yang menyebabkan komputer anda berjalan sangat lambat.

Beberapa penyebab yang mendasar sebagai berikut:

• Sistem Registry: Pada intinya adalah semakin banyak software-software yang anda install dalam komputer maka semakin bertambah pula sistem registry baru yang tersimpan dan bekerja dalam komputer anda.
• Ruang Harddisk: Usahakan memberikan ruang kosong yang cukup pada hardisk anda, jangan terlalu penuh.
• Antivirus: Jelas sekali kehadiran antivirus akan sangat membuat komputer kita berjalan sangat berat, maka hal yang terbaik yang bisa anda lakukan adalah menyesuaikan spesifikasi komputer dengan antivirus yang digunakan (prosessor, memori,dll).
• Spyware: Spyware adalah program yang berjalan sendiri tanpa sepengetahuan anda, solusi cuma satu hapus spyware tersebut dengan anti spyware yang ter-update.

Tips-tips untuk mempercepat kinerja komputer PC dan Laptop.

Spesifikasi Komputer: Anda harus bijak memilih spesifikasi komputer, carilah komputer sesuai dengan kebutuhan anda, bedakan komputer yang dibuat game, graphic design dan komputer yang digunakan untuk hal-hal yang tidak membutuhkan sumber daya besar, jika komputer game jangan gunakan komputer dengan spesifikasi yang minimalis.


Penulis hanya merekomendasikan untuk menggunakan memori setidaknya 1 Gb untuk Windows XP dan 2 Gb untuk Windows 7, prosessor lihat kebutuhan anda atau setidaknya multi prosessor.

Sistem Security: Jika spesifikasi komputer anda layak gunakan antivirus yang memadai pula, pada intinya antivirus sangat memberatkan, namun jika komputer anda layak maka efeknya tidak seberapa, jika komputer lama kemudian anda pasang dengan antivirus yang besar tentu saja komputer anda akan sangat terbeban sumberdaya.

[Image: gadis-dan-laptop-229x300.jpg]

• Software: Hapus atau uninstall sofwtare yang tidak begitu dibutuhkan, hal ini akan berhubungan dengan sistem registry, sering install lalu uninstall juga akan berpengaruh pada kinerja komputer.

• Loading Startup: Banyak software yang terinstal mulai bekerja saat komputer mulai berjalan (startup), supaya loading tidak memakan banyak waktu atau lama, matikan saja sistem auto start pada sofwtare tsb. menggunakan CCleaner.

• Defrag Harddisk: Pengertian defragmentasi adalah sebuah proses penataan kembali file-file pada hard disk yang bercerai-berai untuk dikumpulkan kembali sehingga mempercepat saat file tersebut dibuka, gunakan software Defraggler yang dapat diunduh secara gratis.

• Registry Cleaner: CCleaner adalah software gratis yang membersihkan, mempercepat dan mengoptimalkan kinerja secara luas pada komputer PC atau laptop anda.

Penulis berharap ulasan diatas bisa membantu anda untuk mempercepat komputer yang lambat, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment